Memori

Ada dua bagian dalam Memori, yang terpenting adalah belajar efektif atas informasi dan mengingatnya ketika diperlukan. Mengenai belajar dengan mudah, efektif dan efisien, taruhlah informasi ke dalam pikiran dengan sebuah cara yang membuatnya mudah diingat. Apa yang sebenarnya dilakukan adalah membantu membuat koneksi lebih banyak lagi dalam otak.

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa alam sadar memasukkan dan menyimpan informasi lebih banyak daripada yang dipikirkan, beberapa ilmuwan percaya bahwa pikiran menyimpan semua hal. Oleh karena itu harus mempunyai memori yang sempurna. Tantangannya biasanya terletak pada kemampuan mengingat informasi yang spesifik pada waktu yang tepat saat diperlukannya, seberapa seringkah untuk mengatakan "semuanya sudah ada di ujung lidah" artinya sudah mengetahui informasinya tetapi tidak dapat mengaksesnya pada saat itu.

Tehnik Memori yang ampuh adalah

1. Menghilangkan Stress.

Stress adalah rintangan utama untuk mengingat dengan mudah. Tampaknya tidak adil kehilangan nilai atas sesuatu yang telah diketahui hanya karena tidak dapat mengingat akibat stress dan gelisah,. Tenangkan pikiran dan relaks sehingga dapat mengingat kembali informasi dengan mudah disetiap situasi.

2. Pergilah ke tempat yang nyaman dan tenang.

Ini adalah cara tercepat, gunakan kata "INGAT" alihkan kata "LUPA". Kembangkan kebiasaan menyempatkan waktu 15 atau 20 menit setiap hari bermeditasi sesaat sebelum tidur menyadap kreativitas, menghargai diri sendiri dan percaya diri.

3. Bicara Positip pada diri sendiri.

Jika menurut diri sendiri "bisa harus bisa" atau "tidak bisa juga tidak bisa". Sering-seringlah mengatakan bahwa memori diri sendiri baik dan selalu ingat apapun yang dibutuhkan dan ubahlah kebiasaan hal-hal negatif  tentang memori diri sendiri.

4. Warna.

Mulailah menulis dengan semua catatan dengan pulpen warna yang berbeda-beda dan gunakan warna yang mencolok agar dapat meningkatkan memori dengan cepat, karena otak dirangsang dengan warna untuk lebih mengingat informasi yang telah diwarnai tersebut dibandingkan dengan warna hitam atau putih.

5. Gambar dan Simbol.

Sebuah gambar mengatakan ribuan kata. Jika mempunyai gambaran tentang sesuatu di pikiran maka akan lebih banyak hal yang dapat dijelaskan dibandingkan satu halaman hanya berupa tulisan saja. Gambar dan Simbol memicu respons perasaan dan fisik yang sangat kuat dan perasaan adalah bahasa alam bawah sadar tempat memori disimpan.

6. Pemetaan Pikiran.

Peta-peta pikiran itu mempercepat belajar dan memori. Penelitian menunjukkan bahwa ingat satu jam setelah menulis catatan konvensional hanyalah sebesar 12 % setelah pemetaan pikiran, persentase ingat menjadi 60% dan jika memakai warna, persentasenya menjadi 88%.

7. Visualisasi.

Buatlah film dalam pikiran mengenai adegannya, lihat karakter pemainnya, dengarkan suaranya, rasakan apa yang dilakukannya dan gunakan seluruh kelima indera bayangkan berbicara dengan diri sendiri.

8. Penggabungan otak kiri dan kanan.

Jika kedua sisi otak berkomunikasi secara penuh akan mengingat informasi dengan sangat mudah. Cara terbaik untuk menggabungkan otak kiri dan kanan dengan melakukan latihan yang menggunakan kedua sisi otak pada saat bersamaan.

9. Pengulangan.

Semakin sering melakukan sesuatu, semakin sering pula menjadi terbiasa tanpa berpikir dan tidak akan menjadi stress. Jika mengulang informasi setiap hari selama satu bulan akan mengingat lebih baik dan pengetahuan akan meningkat.

10. Target.

Memiliki target yang jelas dan mendesak merupakan alat bantu yang sangat ampuh untuk memori, jauh lebih mudah mengingat sesuatu yang memiliki alasan sangat bagus untuk melakukannya.


0 komentar: