Kerja Keras adalah Energi Kita


Untuk melakukan kerja keras selalu diimbangi dengan antisipasi yang telah diprediksi dalam skema perencanaan, dengan demikian akan tergambar dengan jelas terhadap apa yang harus dilakukan. Karena tidak semua yang telah direncanakan berjalan dengan sempurna, perlu profesional dan cara yang smart serta sistimatis untuk meminimalisir resiko yang akan terjadi juga mencegah adanya jalan buntu, maka harus mencintai didalam melakukan pekerjaan. Ini adalah merupakan suatu energi kekuatan, kualitas, soliditas dan memperkecil resiko kegagalan, yang pasti dalam keadaan bagaimanapun akan lebih mudah meraih sukses.

Motivasi dibalik sebuah antisipasi menghasilkan respon yang berbeda. Motivasi yang benar akan menghasilkan kualitas, harapan, keyakinan dan menghasilkan hal-hal yang positip.

Berikut ini adalah langkah-langkah strategi :
  1. Membuat Prediksi Ke Depan. Banyak orang yang terjebak dan hidup di masa lalu, kenangan kesuksesan membuatnya terbuai dengan masa lampaunya sedangkan kesedihan membuatnya terpuruk dalam duka berkepanjangan. Padahal masa lalu adalah pembelajaran dan pengalaman yang dapat memberikan hadiah hikmah untuk dipetik. Sikap positip terhadap pembelajaran dari masa lalu membuat kita mampu memandang ke masa depan secara positip dan tepat sasaran.
  2. Mengelola Kemungkinan Resiko. Resiko yang selalu berada di depan membuat kita khawatir. Resiko tidak dapat dihindari namun dapat dikelola secara bijaksana melalui pikiran, perasaan dan kerja nyata. Pertimbangan dan pengolahan resiko dilakukan berdasarkan perencanaan tindakan dan kontrol yang tepat.
  3. Menyusun Rencana Darurat. Antisipasi berarti tidak pernah membuat rencana tunggal dan menyusun rencana sebaiknya dilakukan secara triple. Plan A atau rencana utama untuk target hasil maksimal, Plan B atau rencana cadangan untuk hasil standard dan Plan C atau rencana darurat untuk hasil minimal.
  4. Menyesuaikan Dengan Tanggung Jawab Yang Dipikul. Persiapan selalu dilakukan dengan kapasitas dan tanggungjawab.
  5. Mempersiapkan Proses Pemulihan. Sebuah antisipasi juga dapat berarti proses perbaikan atau pemulihan. Istilah yang biasa digunakan adalah menembus waktu atau membayar kegagalan. Pemulihan atau perbaikan dilakukan karena tidak pernah ada yang pasti dan merupakan hal yang biasa dan manusiawi namun perbaikan dan pemulihan selalu merupakan langkah yang terbaik yang dapat dilakukan.

1 komentar:

Oyah mengatakan...

Bettullll skallleeeeee... no pain, no gain... itu istilah asingnya... nice info, sob... LAAANNNJJUUUUTTT..