Hati-hati terhadap "SPAM" email

Bentuk berita "Spam" yang umum dikenal sebagai :
- Spam Pos-el
- Spam Pesan Instan
- Spam Usenet Newsgroup
- Spam Mesin Pencari Informasi Web (Web Search Engine Spam)
- Spam Blog
- Spam Berita pada Telepon Genggam
- Spam Forum Internet
Dan lain-lain. Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan seringkali tidak dikehendaki oleh si penerima.

Menerima "Spam" di email dapat berupa email yang berbahaya, berita penerima hadiah dan dapat mencuri info-info penting seperti akun Bank dan Password. Paling sering mendapatkan spam adalah dengan mengirim email itu sendiri, sering disalahgunakan dengan mamasukkan atau mempublikasikan alamat email sipenerima di beberapa situs yang tidak memberikan perlindungan spam pada pengunjungnya bahkan menjual alamat email sipenerima tersebut kepada Spammer.

Petunjuk menghindari "Spam" sebagai berikut :
  • Berhati-hati dalam memasukkan alamat email. Pada saat situs meminta memasukkan alamat email, yakinkan apakah situs itu benar dan aman jika tidak sebaiknya mencari info lebih lanjut mengenai situs tersebut seperti Google atau Yahoo.
  • Menggunakan alamat email sekali pakai. Layanan email tersebut diberikan oleh Mailinator atau BugMeNot sehingga alamat email tersebut hanya bersifat temporer.
  • Jangan mengekpos alamat email. Biasanya dilokasi publik seperti forum diskusi, artikel atau Web  seseorang meminta alamat email supaya dapat berhubungan. Cara ini dapat dihindari dengan memberikan alamat email dengan mengganti @ menjadi "at" dan "." menjadi dot  contoh :  news(at)client(dot)com karena bots spammer (program/script kecil pencari alamat email otomatis) tidak akan mengenali alamat email yang diberikan tersebut.
  • Gunakan email client atau Web client yang bagus. Biasanya sebuah filter anti spam sudah diberikan pada sebagian besar email client secara gratis.
  • Hiraukan dan jangan direspon apabila tidak dikenal.
  • Jangan pernah mengklik link situs dari email yang dikirimkan oleh seseorang yang tidak dikenal.
  • Jika menerima spam email lokal (berbahasa Indonesia) sebaiknya langsung menghubungi tim penanggulangan spam nasional melalui abuse(at)apjii.or.id
  • Pasang software anti spam di computer seperti software MailWasher (www.mailwasher.net) dan aktifkan layanan anti spam dilayanan email yang digunakan.
  • Jangan memasang alamat email di Facebook, Myspace, Frienster dan lainnya.

0 komentar: