Berhati-hati apabila mengikuti Fan Page & Group di Facebook !


Banyak creator/inisiator Group dan Fan Page di Facebook menggunakan cara-cara mencurangi/penipuan demi mengumpulkan member sebanyak-banyaknya dengan cepat tanpa ada faedahnya. Ada banyak motif melakukan semacam ini mulai dari tujuan kampanye/cybermarketing hingga yang melakukan tidak menyenangkan seperti mencuri user.id dan password dari para facebooker.

Kategori Penipuan antara lain :

  1. Bohong dipersyaratkan demi merekrut member dengan cepat, ciri-cirinya adalah memberi iming-iming sesuatu yang memberi nilai guna (tidak selalu berupa materi), namun untuk mendapatkan tujuan dan member diharuskan melakukan sesuatu yang samasekali tidak relevan. Contoh Group/Fanpage seperti ini "MEMBUAT TULISAN TERBALIK DI FACEBOOK". Dalam kasus ini, cara membuat tulisan terbaliknya memang tidak bohong, dalam arti secara tehnis memang bisa dibuat tetapi tanpa harus menjadi member group pun bisa dilakukan sendiri didapat dari http://mobinessia.com/flip.php. Hal ini apabila memang ingin berniat mengajarkan orang untuk membuat tulisan terbalik ajarkan saja atau buat artikel di Blog yang dapat membantu para facebooker berkreasi tanpa harus merekruit orang.
  2. Bohong samasekali bagian 1, ciri-cirinya adalah memberi janji sesuatu yang berguna tetapi tidak mungkin dilakukan termasuk juga kelompok-kelompok solidaritas yang mengusung kepada suatu Hoax (kebohongan). Contoh Group/Fanpage "CARA MENGETAHUI SIAPA YANG  MELIHAT PROFILE KITA". Hal ini palsu alias mustahil karena Facebook tidak membuka API untuk melakukan hal tersebut. Coba lakukan pembuktian sendiri bahwa orang lain mengintip profile kita, ketika muncul hanya daftar nama orang-orang dari friend list yang ada yang telah diklaim sebagai orang yang mengintip profile kita ternyata hanya orang-orang yang tidak pernah atau jarang membuka facebook di friend list tersebut. Lakukan re-fresh atau mengeksekusi lagi aplikasi tersebut dalam waktu singkat akan muncul daftar Friend List orang-orang yang lain yang berlainan wajah lagi bukan yang sudah ditetapkan sebagai Pengintip Profile. Maka mustahil karena penampilan tersebut hanya menampilkan daftar nama 10 orang yang diambil secara acak dari Friend List kita.
  3. Bohong samasekali bagian ke 2, Contohnya Group/Fanpage "KAMI TIDAK MAU BAYAR 150.000/BULAN FACEBOOK SAMPAI JULI 2010". Pemilik Facebook tidak kehabisan uang , harus sampai memerlukan uang untuk menarik iuran dari facebooker dan Management Facebook pun sudah pernah mensinyalir bantahan terhadap rumor semacam ini. Baca artikel di http://www.telegraph.co.uk/technology/facebook/6973757/Facebook-dismisses-rumours-of-charging-plans.html.
  4. Goup/Fanpage yang benar-benar Pencuri, Modus operadi group yang berprilaku seperti ini umumnya menyiapkan sebuah alamat URL yang bila dibuka akan menampilkan tampilan yang menyerupai halaman login Facebook, kemudian mensyaratkan user untuk "login lagi" dari halaman palsu tersebut agar dapat memperoleh sesuatu yang dijanjikan. Coba pikirkan bukankah kita sudah login awal di Facebook ? lalu kenapa harus melakukan login lagi ? Tentunya motif ini supaya tidak sadar memberitahukan user id dan password diberikan kepada pihak lain, yang berarti user id dan password kita diambil. Contoh Group/Fanpage "CARA CEPAT MENDAPATKAN TEMAN DALAM WAKTU SINGKAT"
  5. Group yang tidak perlu dikomentari, Biasanya diprakarsai oleh pelaku internet bisnis yang tidak fair, MLM, Skema Piramida dan yang sejenisnya. Mereka menggunakan bahasa mendapatkan keuntungan/bunga yang terlalu amat sangat berlebihan. Ingat pepatah Tak Ada Orang Menjadi Kaya Karena Tidur. Contoh Group/Fanpage "BAGAIMANA MENGHASILKAN UANG MELALUI FACEBOOK TANPA MODAL"
Agar supaya terhindar dari modus penipuan seperti itu, lakukan hal kecil yang akan dapat berguna bagi orang lain yaitu laporkan penyimpangannya pada Pengelola Facebook. Biasanya pada tampilan Group/Fanpage penipuan tersebut tertera icon kecil bertuliskan "Report" yang berguna untuk melaporkan adanya pelanggaran.

0 komentar: